Saturday, October 21, 2017
   
Text Size

Profil Program Magister

Profil Program Magister FITK UIN Jakarta

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta isu-isu pendidikan pada era globalisasi ini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dirasa perlu untuk mengembangkan sayapnya dengan membuka Program Pascasarjana jenjang Magister (S2) guna mengimbangi perkembangan pendidikan yang terjadi pada umumnya serta untuk lebih meningkatkan kualitas keilmuan bagi alumnus-alumnusnya yang telah menyelesaikan pendidikan di jenjang Sarjana (S1) pada khususnya.

Sehubungan dengan itu, pada akhirnya Program Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dibuka pada 2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor Dj.I/678/2009. Surat Keputusan tersebut lahir setelah ada Surat Rekomendasi pembukaan program studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional kepada Direktur Pendidikan Tinggi Islam Departemen Agama.

Diawali dengan dibukanya Program Magister PBI, selanjutnya Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menerbitkan Surat Keputusan (SK) Nomor: Dj.I/53/2011  tentang Izin Pembukaan Program Magister (S2) untuk Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Perkuliahan untuk ketiga Prodi tersebut dimulai pada semester  gasal (awal September) di setiap tahunnya. Akreditasi untuk tiap-tiap Prodi yang ada pada Program Magister pun sedang dalam proses lebih lanjut dan dalam waktu dekat insya Allah akan selesai Proses Pengakreditasiannya.

Adapun dosen-dosen pada Program Magister ini di antaranya beberapa guru besar yang sangat berkompeten di bidangnya dan tidak diragukan lagi kualitas keilmuannya. Selain itu, dosen-dosen di program ini merupakan lulusan Program Pascasarjana Jenjang Doktor (S3) di Universitas-universitas terkemuka baik di dalam maupun luar negeri. Sebut saja UIN, UNJ, UI, McGill Univesity, UNSW Sydney, Universitas Al-Azhar Cairo, Khartoum International Institute, dan universitas lainnya.

Pada saat ini, Pengelola Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan adalah Didin Syafruddin, MA., Ph.D., sebagai Ketua Program, Dr. Jejen Musfah, MA., sebagai Sekretaris Program, serta Azkia Muharom Albantani, M.Pd.I., sebagai Staf Ahli. (AE)

Headline

Akreditasi Program Magister

 

 

 

Tips Menarik

Tips Aman dari Bujuk Rayu Aliran Sesat NII & Turunannya

Oleh Muhbib Abdul Wahab
FITK Online - Belakangan ini publik dihebohkan lagi oleh sejumlah warga masyarakat, termasuk mahasiswa, Read more... Link