Monday, September 25, 2017
   
Text Size

Berita Terkini

Informasi SPMB

 

Headline

Informasi SPMB

 

Tips Menarik

Tips Meraih Sukses Studi di Masa Depan

Tips Meraih Sukses Studi di Masa Depan

Oleh Muhbib Abdul Wahab

Sukses dalam hidup maupun dalam studi itu adalah pilihan. Anda yang memilih: mau sukses atau tidak. Karena itu, sejak awal menapaki bangku perkuliahan pilihlah jalan yang mengantarkan kepada kesuksesan dalam studi Anda. Berikut ini adalah tips meraih sukses studi di kampus tercinta ini.

1. Syukuri dengan sepenuh hati bahwa Anda telah diterima dan resmi menjadi mahasiswa UIN Jakarta. Ada baiknya kelulusan Anda sebagai mahasiswa UIN dimanifestasikan dengan sujud syukur.

2. Bulatkan tekad dan niat yang kuat bahwa Anda berada di kampus ini mengemban tujuan mulia: meraih sukses studi dan prestasi tinggi. Jangan pernah berpikir bahwa status Anda sebagai mahasiswa UIN ini dijadikan sebagai momentum untuk berhura-hura dan berbangga-bangga.

3. Targetkan banyak di awal masa studi ini, seperti: target berapa tahun Anda menyelesaikan studi (idealnya: 4 sampai 4,5 tahun), target perolehan IP (Indeks Prestasi), target menyelesaikan pembacaan buku, pengumpulan informasi melalui internet, target penguasaan bahasa asing.

4. Pahami dengan baik buku pedoman akademik UIN berikut prosedur layanan akademik, administrasi, dan kemahasiswaan yang menjadi hak Anda.

5. Patuhi tata tertib perkuliahan, kode etika mahasiswa, dan tata busana kampus yang Islami. Pastikan bahwa Anda berpenampilan sebagai mahasiswa Islam yang harus mampu menjadi teladan bagi yang lain.

6. Katakan pada diri Anda untuk TIDAK PERNAH MENCINTAI NARKOBA, MIRAS, ROKOK, dan aneka yang dilarang oleh syariat Islam.

7. Ikutilah perkuliahan dengan sungguh-sungguh, disiplin, tekun, kreatif, dan konstruktif. Jangan pernah berpikir “bolos kuliah hanya karena merasa jumlah presensi Anda sudah cukup untuk bisa ikut UAS (Ujian Akhir Semester).

8. Ikuti pula kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dan akademik lainnya yang diselenggarakan oleh Fakultas, Jurusan, HMJ, Senat Mahasiswa Fakultas, UKM, dan sebagainya.

9. Isi hari-hari perkuliahan dengan mengembangkan keterampilan yang mendukung studi Anda, seperti keterampilan mengoperasikan aplikasi computer, keterampilan berbahasa asing, keterampilan berkomunikasi (public speaking), keterampilan jurnalistik, keterampilan tilawah al-Qur’an bi an-nagham, seni tari, music, dan sebagainya.

10. Perbanyak teman dan kembangkan jaringan (networking) sosial-intelektual yang dapat mengasah, menajamkan, dan membuka cakrawala keilmuan dan pengalaman nyata bagi masa depan kehidupan Anda. Hal ini, antara lain, dapat dilakukan dengan aktif di organisasi intra maupun ekstra kampus.

11. Tentukan manajemen waktu Anda dengan sebaik dan seproduktif mungkin. Kalau bisa, usahakan 24 jam sehari itu dibagi 4; sehingga menjadi: 6 jam untuk istirahat/tidur; 6 jam untuk mengikuti perkuliahan di kampus; 6 jam untuk riset (membaca buku di rumah/kost/perpustakaan/internet; menulis makalah), 6 jam untuk ibadah dan lain-lain (urusan personal, refreshing, olah raga, penyaluran hobi, berorganisasi, dsb.).

12. Tanamkan pada diri Anda bahwa studi di UIN ini adalah amanah orang tua, amanah masyarakat dan bangsa, sehingga Anda merasa malu jika tidak selesai tepat waktu, tidak lulus dengan prestasi yang memuaskan.

13. Pupuklah benih-benih prestasi dan ikhtiar Anda dengan banyak melakukan shalat malam (tahajjud) dan shalat dhuha. Di waktu yang sangat mustajab itu, berdoalah selalu kepada Allah SWT agar orang tua Anda senantiasa diampuni dosanya oleh Allah, diberikan kesehatan prima, dan agar Anda diberikan kemudahan, kesuksesan dan keberkahan dalam menjalani studi ini.

14. Jalin terus komunikasi qalbi (dari hati ke hati) dan konsultasi dengan orang tua, dosen-dosen, guru-guru Anda, serta jangan lupa minta didoakan agar Anda sukses studi. Khusus kepada orang tua (jika masih hidup), mintalah secara rutin untuk didoakan. Ingatlah sabda Nabi Saw., bahwa doa orang tua itu seperti doa Nabi kepada umatnya. Ada tiga jenis doa yang tidak akan ditolak (oleh Allah), yaitu: doa orang yang dizhalimi, doa orang tua kepada anaknya, dan doa orang berpuasa.

15. Evaluasi terus-menerus perjalanan atau perkembangan studi Anda, sehingga Anda bisa melakukan perbaikan atau peningkatan berkelanjutan (continous improvement). Muhasabah ini menjadi sangat penting karena Anda senantiasa dapat belajar dari pengalaman, belajar dari kenyataan, belajar dari orang lain, dan belajar dari diri sendiri.

16. Kata kunci dari semua itu adalah bahwa Anda perlu memiliki 7 pikiran sukses (seven success minds): (1) Disiplin (waktu, ibadah, kuliah, baca, ilmu, dst), (2) Usaha (kerja keras, cerdas, tuntas, dan berkualitas), 3) iman (komitmen dan tekad kuat sukses dan berprestasi, menghargai waktu, menghargai pendapat, dst.), 4) Taqwa (integritas moral, kesalehan, ketekunan, kesabaran, kejujuran, dst.), 5) Amal (aktivitas positif, investasi ilmu dan karya), 6) Kreativitas (ide-ide kreatif, produk keilmuan, karya nyata, temuan-temuan jenius, dan 7) Urgensi (berpikir dan bertindak atas dasar nilai kemanfaatan dan kemaslahatan).

Mudah-mudahan tips tersebut bisa dicoba dan diaktualisasikan. Kami tentu turut berbahagia jika Anda sukses dan berprestasi dalam studi di kampus tercinta.

Salam sukses penuh prestasi

Jakarta, 5 Maret 2012

Salam sukses dari Pudek Bidang Kemahasiswaan FITK