Saturday, October 21, 2017
   
Text Size

Kurikulum

PGMI Online - Kurikulum PGMI disusun berdasarkan kepada dimensi yang dikemukakan oleh bapak Kurikulum yakni, Ralp W. Tyler (1949), dalam bukunya Basic Principles of Curriculum and Instruction. Tyler mengemukakan ada empat dimensi yang dapat dikembangkan dalam sebuah kurikulum, yaitu: Pertama, Tujuan Pendidikan dan pembelajaran. Kedua, Materi Ajar/Mata Kuliah (Content). Ketiga, Pengalaman Belajar/Proses Pembelajaran (Experience). Keempat, Evaluasi. Berikut diuraikan keempat dimensi tersebut ke dalam deskripsi dan indikator kurikulum.

1) Visi, Misi, dan Tujuan

Visi prodi PGMI FITK UIN Jakarta “Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang melahirkan guru yang unggul, kompetitif, dan professional dalam menjalankan profesi pendidikandan keguruan, penelitian, dan pengembangan ilmu keguruan pada jenjang MI/SD dengan mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan kemanusiaan”.

Adapun misi yang dikembangkan adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan model research based learning, problem based learning dan contextual teaching & learning dalam rangka quality assurance;
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovatif yang relevan dengan kebutuhan bidang pendidikan;
  3. Mengembangkan komitmen dan budaya akademik bagi para civitas akademika;
  4. Mengembangkan pengabdian, jejaring, dan kemitraan, dengan berbagai lembaga pemerintah, satuan pendidikan, dan lembaga lainnya, baik nasional maupun internasional;
  5. Melaksanakan evaluasi berkelanjutan terhadap penyelenggaraan program studi dalam rangka menjawab kebutuhan stakeholders.

Adapun tujuan prodi PGMI UIN Jakarta dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam bidang keguruan MI/SD yang memiliki:

1.     Kompetensi Pedagogik:

Menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar, mengembangkan kurikulum, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menyelenggarakan evaluasi pembelajaran, dan melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran MI/SD

2.     Kompetensi Kepribadian:

Memiliki etos kerja yang produktif dan menjunjung tinggi kode etik profesi guru MI/SD

3.     Kompetensi Sosial:

Bersikap inklusif, objektif, empatik, dan berkomunikasi secara efektif dalam melaksanakan tugas profesi keguruan pada jenjang MI/SD;

4.     Kompetensi Profesional:

Menguasai keilmuan, mengembangkan materi secara kreatif dan inovatif, serta mengembangkan keprofesionalan bidang pengajaran pada jenjang MI/SD.

 

Headline

Akreditasi Program Magister

 

 

 

Tips Menarik

Tips Aman dari Bujuk Rayu Aliran Sesat NII & Turunannya

Oleh Muhbib Abdul Wahab
FITK Online - Belakangan ini publik dihebohkan lagi oleh sejumlah warga masyarakat, termasuk mahasiswa, Read more... Link